Renop (Rencana Operasional)

KATA PENGANTAR 
Puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, atas rachmat yang diberikan, sehingga Rencana Operasional Prodi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana Tahun 2015-2019 dapat terselesaikan tepat waktu.
Secara umum Rencana Operasional Program Studi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana Tahun 2015-2019 disusun dengan maksud mengimplementasikan Rencana Strategis (Renstra) Prodi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan tahun 20015-2019. Merupakan rambu-rambu dalam mewujudkan berbagai rencana yang ingin dicapai Prodi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan lima tahun ke depan.
Tujuan daripada tersusunnya Rencana Operasional Prodi Doktor Ilmu Peternakan ini adalah untuk mengetahui bagaimana indikator capaian atau kerberhasilan yang dapat dilakukan sesuai dengan target yang disusun dalan Rencana Strategis Prodi Doktor Ilmu Peternakan dan Fakultas. Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan pencapaian Visi Prodi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Unud yang merupakan cita-cita yang harus dicapai pada periode kepemimpinan Fakultas Peternakan, Unud periode tahun 2015-2019. Disamping itu, juga sebagai acuan resmi bagi seluruh pemangku kebijakan di lingkungan Prodi Doktor Ilmu Peternakan dan Fakultas Peternakan dalam menentukan program kerja dan kegiatan secara terpadu dan terarah dalam setiap tahunnya. Rencana Operasional ini juga disusun untuk memonitoring dan evaluasi kegiatan sebagai dasar dalam penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) di Prodi Doktor Ilmu Peternakan.
Masa depan yang dicita-citakan Program Studi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana adalah “Menjadi lembaga pendidikan doktor yang berbudaya dan berdaya saing tinggi dalam pengembangan Ipteks peternakan yang berkelanjutan” dan Menyelenggarakan pendidikan doktor secara profesional sesuai dengan tuntutan stakeholder. Salah satu dari Misi Program Studi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana adalah “menyelenggarakan penelitian untuk menggali dan meningkatkan kapasitas sumberdaya lokal serta menghasilkan Ipteks peternakan yang mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif.
Dengan disusunnya Rencana Operasional Prodi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana Tahun 2015-2019, diharapkan kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan optimal. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan tetap mengedepankan pemberdayaan segenap potensi yang dimiliki oleh fakultas, sehingga cita-cita fakultas dapat terwujud sebagai salah satu institusi yang memiliki kualitas untuk menuju lembaga yang berkualitas sesuai dengan Visi dan Misi Program Studi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar.
Segala saran dan kritik untuk kesempurnaan Renop Program Studi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana Tahun 2015-2019, ini sangat kami harapkan. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Denpasar, Maret 2018 
Prodi Doktor Ilmu Peternakan
Prof. Dr. Ir. I Gst. Nym. Gde. Bidura, MS 
NIP. 196103191986011001