Laporan Tracer Study

PRAKATA 
Tracer study yang dipahami sebagai survei alumni dilaksanakan oleh program studi dengan tujuan menggali informasi yang berkaitan dengan perjalanan lulusan, mulai dari saat mereka menyelesaikan masa pendidikannya di program studi sampai pada waktu pelaksanaan survei. Informasi yang didapat dari tracer study sangat berguna untuk berbagai evaluasi hasil pendidikan tinggi, penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi dan relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.
Untuk itulah program studi Doktor Ilmu peternakan melaksanakan tracer study yang bertujuan untuk mengetahui penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja, agar kemudian dapat menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja, serta membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh dari perguruan tinggi.
Salah satu indikator dari sistem pendidikan yang baik adalah adanya sistem yang dipakai untuk mengukur kualitas output dari pendidikan itu sendiri. Hal-hal yang dapat diukur menentukan kualitas alumni atau lulusan, diantaranya pencapaian, kompetensi, persebaran problem yang dihadapi, respon pengguna, akselerasi karier, serta hal-hal lain, diantaranya keselarasan maupun ketidakselarasan antara kualitas alumni dengan kualitas yang diharapkan oleh perguruan tinggi.
Masa depan yang dicita-citakan Program Studi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana adalah “Menjadi lembaga pendidikan doktor yang berbudaya dan berdaya saing tinggi dalam pengembangan Ipteks peternakan yang berkelanjutan” dan Menyelenggarakan pendidikan doktor secara profesional sesuai dengan tuntutan stakeholder. Salah satu dari Misi Program Studi Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana adalah “menyelenggarakan penelitian untuk menggali dan meningkatkan kapasitas sumberdaya lokal serta menghasilkan Ipteks peternakan yang mempunyai keung- gulan komparatif dan kompetitif.
Tracer Study diharapkan dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan pendidikan yang diterapkan di Program Studi Doktor Ilmu peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, baik pendidikan kurikuler maupun non-kurikuler. Kami berharap agar hasil Tracer Study dapat menjadi referensi dan umpan balik bagi para Dosen, baik dalam mengajar maupun di dalam penyusunan kurikulum selain Program Studi yang ada di Program Studi Doktor Ilmu peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana.
Tracer Study Program Studi Doktor Ilmu peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana tahun 2018 memberikan gambaran hasil mengenai profil dan karakteristik alumni Program Studi Doktor Ilmu peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana Program Studi Doktor Ilmu peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana alumni tahun 2012-2017. Hasil-hasil ini berupa kondisi pekerjaan yang dijalani saat ini, kontribusi perkuliahan terhadap pekerjaan, gambaran pekerjaan ideal, gambaran situasi pekerjaan di mata alumni Program Studi Doktor Ilmu peternakan tahun 2012-2018, nilai indek prestasi (IP) dan perbandingan serta pengaruh terhadap jenis pekerjaan, kondisi alumni Program Studi Doktor Ilmu peternakan tahun 2012-2017 semasa menjalani perkuliahan dan lain-lain terkait hubungan alumni dengan kampus Program Studi Doktor Ilmu Peternakan.
Akhir kata, kami berharap hasil penelitian pelacakan alumni periode 2012-2017 ini dapat memberikan kontribusi dan masukan bagi semua pihak, khususnya Fakultas Peternakan dan Universitas Udayana sebagai lembaga pendidikan di dalam merancang program dan kurikulum, serta menciptakan lingkungan akademis maupun non akademis yang lebih mendukung terciptanya lulusan yang berkualitas dari segi hard skill, soft skill, dan life skill. Segala saran dan kritik untuk kesempurnaan laporan ini sangat kami harapkan. Untuk semua itu kami ucapkan terimakasih.

Denpasar, Mei 2018
Koordinator Program Studi Doktor
Ilmu peternakan, Fakultas Peternakan
Universitas Udayana,
Prof. Dr. Ir. I gst. Nym. Gde Bidura, MS. IPM
NIP. 196103191986011001

Laporan Akhir Stracer Study